Pada acara Made on YouTube tahun ini pada tanggal 18 September, pembuat konten seperti Michelle Khare menerima berita menarik: Mereka akan segera dapat mengatur video mereka ke dalam musim dan episode, seperti acara televisi tradisional.
CEO YouTube Neal Mohan mengundang Khare ke atas panggung untuk sesi tanya jawab guna membahas pengumuman tersebut. Khare adalah kreator Tantangan Diterimaserial digital berisiko tinggi tempat wanita berusia 32 tahun ini menghadapi berbagai tantangan, mulai dari bekerja sebagai operator 911 hingga berlatih menjadi balerina. Video-videonya, yang dikenal karena kualitas premiumnya, berdurasi antara 15 dan 24 menit dan secara konsisten menarik jutaan penonton. Dengan hampir 5 juta pelanggan, Khare telah membangun audiens yang berdedikasi.
YouTube mengumumkan alat AI baru untuk kreatornya: Veo, Komunitas, sulih suara otomatis, dan banyak lagi
Pengumuman ini muncul saat YouTube terus mendominasi sebagai layanan streaming terpopuler di televisi AS, dengan 150 juta orang menonton YouTube di layar TV setiap bulannya. Keberhasilan platform ini didorong oleh pendekatannya yang tidak campur tangan, mempercayai kreator seperti Khare untuk membuat konten yang menarik bagi penonton. Awal tahun ini, Mohan mendesak para pemilih Emmy untuk mengakui kreator YouTube, meskipun acara populer seperti Yang PanasBahasa Indonesia: Tanggal Toko AyamDan Selamat Pagi Mistis diabaikan dalam nominasi. Pembaruan terbaru ini memperkuat peran YouTube yang semakin besar dalam lanskap televisi.
Setelah pengumuman tersebut, Khare berbicara dengan Mashable tentang fitur baru tersebut, apa artinya bagi Tantangan Diterimadan bagaimana proses kreatifnya mendorong perkembangan strategi TV YouTube.
Mashable: Pernahkah Anda berpikir tentang Tantangan Diterima dalam hal episode dan musim sebelum pengumuman ini?
Michelle Khare: Tim kami selalu berusaha sebaik mungkin untuk memikirkan berbagai hal dalam hal musim dan episode. Kami berpikir tentang, “Apa nada acara ini? Bagaimana irama rilisnya? Apa format kami?” Sebelumnya, kami mengatur berbagai hal berdasarkan musim dalam daftar putar. Sekarang melalui struktur baru aplikasi televisi, kami dapat mengatur berbagai hal secara formal dalam hal genre, episode, musim, serial. Itu hanya akan meningkatkan konten kami lebih jauh.
Apa reaksi Anda terhadap pembaruan tersebut?
Sebagai kreator, kami hanya bisa fokus pada konten yang kami buat dan kami menaruhnya di platform. Sangat keren bahwa platform ini berkembang sehingga memposisikan konten kami sebagai konten premium. Saya membayangkan rasanya sama seperti saat seseorang berada di film dan mereka melihat posternya di Times Square. Sebagai seseorang yang menyukai konten televisi premium, melihat karya kami menjadi pusat perhatian itu sangat keren. Itu menegaskan apa yang sudah kami lakukan dengan Tantangan Diterima dan itu membuat saya makin bersemangat untuk menekuni format episodik itu.
Saya bayangkan itu memberi Anda kontrol lebih besar terhadap bagaimana pemirsa berinteraksi dengan konten Anda.
Ketika Anda menonton acara premium favorit Anda, terkadang Anda akan menonton satu episode dan menyadari bahwa Anda memiliki 12 episode lagi yang dapat Anda selesaikan tepat setelahnya. Saya harap [the update] akan mendorong orang untuk menonton lebih banyak Tantangan Diterima ketika mereka menemukan episode yang berdiri sendiri. Mereka mungkin menyadari, “Ya ampun, saya bisa menonton lebih banyak acara ini, dan semuanya sudah diatur di sini untuk saya.” Penonton harus berpikir keras dan menggali lebih dalam persamaan tersebut.
Apakah menurut Anda format baru akan memudahkan untuk menarik pemirsa baru?
Saat ini, untuk menemukan konten baru, Anda membuka beranda untuk melihat banyak video, atau bilah sisi, saat Anda menonton satu video, Anda akan melihat banyak video yang disarankan. Sekarang, Anda tidak hanya diperkenalkan ke satu episode atau kreator baru, tetapi juga dunia kreator tersebut.
Berita Utama Mashable
Kapan Anda mulai membuat video untuk televisi? Bagaimana proses peralihan ke tingkat produksi tersebut?
Jujur saja, itu bukan pilihan sadar untuk ingin tampil di televisi. Tim kami adalah campuran orang-orang dari latar belakang tradisional dan digital. Kami memiliki orang-orang yang pernah bekerja di film layar lebar, film yang dinominasikan Oscar, dan Sabtu Malam Langsung. Hasil karya kami sekarang terasa premium, dan itu hal yang luar biasa untuk didengar. Namun, sebenarnya, ini hanya tentang, “Bagaimana kami dapat membuat 30 menit terbaik dari cerita ini?”
Tim kami condong ke [television] karena mereka berasal dari televisi tradisional. Namun, berkreasi untuk YouTube adalah hal yang berbeda karena kami berkreasi dengan mempertimbangkan pemirsa. Kami berkreasi dengan pola pikir menghargai waktu pemirsa, mendengarkan saran mereka, dan menyadari bahwa waktu mereka dapat dihabiskan di mana saja, dan bahwa kami harus membuat cerita yang menarik perhatian mereka untuk jangka waktu yang lama.
Bagaimana Anda memilih tantangan?
Banyak episode awal kami lahir dari curah pendapat di papan tulis tentang “Apa ketakutan terbesar Michelle?” dan “Apa situasi unik yang harus saya hadapi untuk menghadapinya secara langsung?” Kami menggunakannya sebagai landasan untuk menggunakan tantangan sebagai cara mengatasi ketakutan, karena hal itu menciptakan konflik dan menciptakan cerita. Misalnya, saya ingin menjadi petugas pemadam kebakaran, tetapi saya tidak cukup berani. Atau saya ingin menjadi ratu kontes kecantikan, tetapi saya tidak tahu apakah saya anggun. Kami mulai menggunakan format satu kalimat tersebut untuk menginspirasi berbagai hal yang kami lakukan.
Itu sangat menarik, saya bertanya-tanya bagaimana Anda menciptakan begitu banyak tantangan dengan tingkat intensitas yang sama.
Konflik menciptakan cerita. Cerita menciptakan pertumbuhan. Menyaksikan orang lain tumbuh adalah cerita yang paling menarik bagi kami, baik yang sudah ditulis maupun tidak. Itulah sudut pandang kami saat ini.
Apakah ada pekerjaan yang pernah Anda coba dan membuat Anda berpikir, “Mungkin saya seharusnya menekuni bidang ini alih-alih menjadi kreator?”
Saya senang menjadi kreator, dan saya tidak mengatakan itu hanya karena kami ada di Made on YouTube 2024. Saya benar-benar sangat menyukainya. Menjadi seorang profesional yang serba bisa adalah profesi ideal saya. Di balik layar, saya senang menjalankan studio, perusahaan produksi, dan tim kami serta berkembang menjadi [being a] CEO dan pemimpin. Merupakan suatu keistimewaan untuk menjadi seorang wirausahawan di bidang ini. Saya berharap dapat melakukannya untuk waktu yang sangat, sangat lama.
Apakah Anda memiliki aturan emas untuk pembuatan konten?
Karena episode kami intens dan mendalam, kami memiliki proses pemeriksaan yang cukup menyeluruh sebelum kami memberikan lampu hijau untuk sebuah episode. Kami berpikir tentang bagaimana menurut kami episode itu akan tampil. Apakah itu sesuatu yang diminta oleh audiens kami? Apakah kami, sebagai sebuah tim, bersemangat karenanya? Itulah pertanyaan yang sering saya tanyakan. Analisis dan mendapatkan umpan balik dari audiens itu luar biasa, tetapi kami tidak akan melangkah maju kecuali jika tim kami benar-benar menginginkannya. Itu datang dari perspektif praktis karena jika kami memberikan lampu hijau untuk sebuah proyek, kami akan mengerjakannya selama beberapa minggu atau bulan ke depan, terkadang bahkan hingga satu tahun.
Tantangan Diterima adalah acara tentang mengejar pengalaman hidup yang baru, dan saya pernah mendengar bahwa orang yang memiliki lebih banyak pengalaman hidup yang baru merasa hidup mereka lebih panjang. Saya banyak memikirkan hal itu. Merupakan suatu keistimewaan untuk dapat berpikir kritis tentang di mana waktu kita dihabiskan dan seberapa banyak kegembiraan yang tercipta dalam keseharian. Ironisnya, hal itu telah menghasilkan gairah yang dilihat oleh penonton kami dalam setiap episode.
Apakah ada tantangan yang tidak akan Anda terima?
Kami sangat beruntung berada di posisi ini, di mana kami terus mendorong batasan. Kami sangat terinspirasi oleh banyak kreator lain di sekitar kami. Saya bersemangat untuk bermain di dunia baru. Yang saya sukai adalah jika Anda bertanya kepada saya setahun yang lalu, apa 20 episode berikutnya Tantangan Diterima akan terlihat seperti, saya mungkin bisa memberi tahu Anda lima hal berikutnya. Namun, setahun kemudian, ada beberapa hal yang telah kami rilis tahun ini yang tidak akan pernah saya konseptualisasikan setahun yang lalu.
Yang saya sukai dari internet adalah Anda dapat berkreasi dengan cepat, berbeda dengan sistem Hollywood tradisional, di mana kami telah memberikan lampu hijau untuk beberapa episode setahun yang lalu, merekamnya kapan pun, dan episode-episode itu baru akan dirilis setahun kemudian. Seseorang dapat berkembang pesat dalam setahun. Jadi saya senang dapat berkreasi dan merilisnya karena hal itu relevan, berdampak, bermakna, dan menyentuh hati kita di setiap momen.
Saran apa yang bisa Anda berikan kepada seseorang yang baru memulai dan mencari kestabilan finansial sebagai kreator?
Ada alasan mengapa banyak orang ingin menjadi kreator konten. Jujur saja: Itu hebat. Namun, itu adalah proses yang sangat lambat yang dimulai dengan membuat konten dan mempelajari karakter Anda saat Anda memiliki pekerjaan lain. Anda melakukannya di waktu luang hingga Anda tidak sabar menunggu akhir pekan karena Anda dapat mengerjakan hal lain. Dari sana, Anda mengembangkan karakter dan konsistensi Anda. Anda bisa gagal di lingkungan yang aman. Kemudian, Anda dapat berkembang hingga menjadi pekerjaan penuh waktu. Namun, Anda harus benar-benar yakin dengan konten Anda sebelum menjadi seluruh dunia Anda.
Bagaimana cara Anda mengatasi kelelahan kreatif? Tentu saja, Anda memiliki tim yang mendukung Anda.
Orang-orang yang paling saya kagumi sangat sibuk. Saya suka bergerak cepat. Namun, bagian terbaik dari pekerjaan ini adalah menjauh dari konten dan melakukan hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan pembuatan video YouTube. Anda harus menjadi orang yang nyata untuk menceritakan kisah yang nyata. Anda harus menjalani hidup untuk memiliki cerita yang dapat diceritakan. Waktu yang terbuang dari pembuatan film, produksi, dan kantor sangat penting untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.